Update

5 Tools yang Sering Dipakai oleh Social Media Specialist

5 min read

The New One of The Day 

  • Sekilas tentang social media specialist
  • Tanggung jawab social media specialist
  • 5 tools yang sering dipakai oleh social media specialist 

Hai, SangSang Mates! 

Profesi social media specialist merupakan salah satu profesi kekinian yang menarik untuk dijalani. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi digital yang saat ini banyak berkaitan dengan media sosial. 

Kemunculan profesi ini juga berkaitan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna media sosial yang masif menjadi sumber potensial dalam mendukung aktivitas promosi untuk memikat calon konsumen.

Hal ini yang membuat banyak perusahaan mulai mencari karyawan yang mampu mengoperasikan media sosial dengan baik.

Banyak yang masih mengira profesi ini sekilas terlihat mudah, kerjaannya hanya posting konten di Instagram, LinkedIn, TikTok, dan media lainnya. Padahal, social media specialist memiliki tanggung jawab yang lebih dari itu, apa saja kah itu?

Yuk, simak baik-baik deretan tanggung jawab, skills, sampai prospek kerjanya!

Sekilas Tentang Social Media Specialist

Sumber: www.istockphoto.com

Melansir Brainstation.io, social media specialist adalah sebuah profesi yang berfokus untuk membuat dan menerbitkan konten di semua platform media sosial, termasuk Facebook, Twitter, dan Instagram.

Tujuannya adalah agar menarik perhatian audiens, membangun kesadaran merek (brand awareness), dan pada akhirnya meningkatkan penjualan bagi perusahaan.

Baca juga: Sudahkah Kamu Berdamai Dengan 2022?

Tanggung Jawab Social Media Specialist

Seorang social media specialist bertanggung jawab untuk berinteraksi langsung dengan pengguna jaringan dan komunitas virtual melalui akun media sosial perusahaan mereka untuk membangun brand awareness guna menghasilkan profit penjualan.

Social media specialist juga bertugas mengawasi metrik situs, berinteraksi dengan pembaca, dan bertanggung jawab atas desain kreatif.

Seorang social media specialist harus memahami audiens yang ditargetkan untuk setiap saluran media sosial, dan membuat konten yang berbeda-beda. Mengapa?

Hal ini dikarenakan setiap platform media sosial memiliki metrik yang berbeda-beda. Misalnya, konten untuk Instagram tidak bisa diterapkan di LinkedIn. Maka dari itu, penting untuk membuat konten persuasif yang sesuai dan mampu menyentuh hati audiens yang dituju.

Dalam bekerja, social media specialist biasanya berkoordinasi dengan tim digital marketing untuk saling berdiskusi mengenai strategi konten yang bekerja di media sosial.

Tools Social Media Specialist

Dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, social media specialist membutuhkan alat bantu (tools) khusus yang berkaitan dengan menganalisis dan menciptakan konten. Beberapa tools yang bisa menjadi rekomendasi di antaranya:

  1. Answer Socrates

Answer Socrates untuk mencari ide konten

Social media specialist dituntut untuk mampu memproduksi konten yang menarik dan unik setiap harinya. Bagaimana jika kamu kehabisan ide untuk menulis? kamu bisa menggunakan Answer Socrates.

Answer Socrates adalah platform yang menghasilkan ratusan pertanyaan untuk hampir semua topik, dalam banyak bahasa. kamu dapat menggunakan pertanyaan ini untuk menulis konten yang menarik dan menyeluruh, bertukar pikiran tentang ide produk, dan melihat apa yang sebenarnya dicari oleh pengguna Google.

Fitur unik:

  • Menemukan pertanyaan yang diajukan oleh orang di Google hampir semua topik secara gratis mencakup banyak negara
  • Menggabungkan kekuatan Google Suggests, fiture People Also Asked, dan data Google Trends untuk menunjukkan kepada kamu pertanyaan yang relevan dan menarik

Baca juga: Liburan Udah Deket NIh, Yuk Berwisata Ke Beberapa Candi ini!

  1. Canva

Canva adalah alat desain online populer untuk membuat gambar dan mengedit video di media sosial. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa menjadwalkan posting konten melalui Canva? Ya, kamu dapat menjadwalkannya ke Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dan Tumblr.

Fitur unik:

  • Tersedia fitur editor yang mudah digunakan untuk membuat gambar/video media sosial dalam berbagai ukuran
  • Akses ke 100+ juta stok foto, video, audio, dan grafik
  • Buat visual dari awal atau gunakan 610.000+ template
  • Simpan visual kamu di cloud atau bagikan di media sosial
  1. Later

Jadwalkan posting konten ke berbagai social media channels

Later adalah alat yang membantu kamu menyesuaikan feed kamu untuk menciptakan konten yang kuat. Alat ini menyajikan paket gratis yang memungkinkan kamu menjadwalkan posting konten ke Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Pinterest, dan LinkedIn.

Fitur unik:

  • Perencana visual Instagram yang membantu kamu merancang feed Instagram yang estetis
  • Publikasi postingan feedstories, dan postingan carousel di Instagram
  • Buat halaman “tautan di bio” gratis
  • Simpan tagar dan teks yang bisa digunakan saat menjadwalkan posting

Baca juga: 9 Hal Perlu Dilakukan Dalam Hidup

  1. Analisa.io

Analisa.io adalah alat analitik media sosial bertenaga AI yang menyediakan fitur Instagram Analytics & TikTok Analytics untuk bisnis dari setiap jenis dan ukuran mulai dari bisnis skala kecil hingga menengah hingga perusahaan.

Fitur unik:

  • Gratis digunakan hanya dengan memasukkan profil Instagram & TikTok atau hashtag apapun untuk mendapatkan analisis dasar instan, dan dapat ditingkatkan dengan paket langganan fleksibel untuk analisis lanjutan. 
  • Fitur utama dari alat Analisa.io yang ditingkatkan termasuk pelaporan kampanye, demografi pengikut pengikut (termasuk informasi usia, jenis kelamin, dan negara), audit keaslian followers, pemetaan influencer, hubungan yang ditemui, analisis konten, jadwal posting, pemetaan geolokasi, kustomisasi tanggal, dukungan khusus dengan manajer akun, dan ekspor PDF atau CSV.
  1. Google Workspace

Aplikasi umum yang membantu pengerjaan konten secara real time

Google Workspace merupakan layanan atau alat yang diterbitkan oleh Google untuk mempermudah pekerjaan. Google memiliki berbagai aplikasi pintar yang terkenal dan sering digunakan dalam pekerjaan. 

Beberapa layanan yang biasanya dipakai oleh social media specialist meliputi Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slide, Gmail, Calendar, Meet, dan Jamboard.

Fitur unik:

  • Dapat digunakan secara gratis
  • Data menjadi aman dan terjamin
  • Kolaborasi secara real-time
  • Mudah diintegrasikan dengan CRM atau aplikasi pihak ketiga lainnya

Nah, itulah informasi seputar social media specialisttanggung jawab, dan tools yang sering dipakai.

Siapa nih yang tertarik ingin berkarier sebagai social media specialist? Yuk, share tanggapan kamu pada kolom komentar di bawah ini! 

Mau info menarik seputar beasiswa, dunia perkuliahan, magang, karier atau topik menarik lainnya? Kepoin konten menarik lainnya di KT&G SangSang Univ. Indonesia, yuk!  

Penulis: Venisa Yunita Sari


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *