Update

Mengenal Boryeong Mud Festival

3 min read

The New One of The Day

  • Budaya Korea Selatan
  • Kegiatan pada festival lumpur Boryeong

Hai, SangSang Mates!

Pastinya kamu udah tau dong Korea Selatan ga cuma terkenal dengan K-Drama dan K-Popnya saja. Ada banyak budaya-budaya unik di negara tersebut. Salah satunya yaitu Boryeong Mud Festival. Budaya seperti apa ya itu?

Boryeong Mud Festival atau Festival Lumpur Boryeong merupakan acara tahunan yang dilakukan pada musim panas dan bertempat di pantai Daecheon, Kota Boryeong, Provinsi Chungcheong Selatan, Korea Selatan. 

Lumpur yang berada di daerah tersebut mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1998 dengan tujuan awalnya sebagai ajang promosi produk kosmetik berbahan dasar lumpur. Festival berlangsung sekitar dua minggu pada bulan Juli.

Kemeriahan Boryeong Mud Festival

Baca juga: Korean Language Intermediate Cerita Rakyat Korea

Festival ini terbuka untuk umum. Jadi, banyak para wisatawan baik lokal maupun turis yang memeriahkan festival lumpur. Mereka disuguhkan dengan beragam kegiatan seperti permainan lumpur yaitu zona pijat lumpur, kolam lumpur raksasa, perosotan lumpur, mud run, hingga acara puncak seperti konser musik dan party

Fyi, beberapa area kegiatan ini ada yang gratis dan berbayar. Untuk tiket reguler yaitu 10.000 won bagi orang dewasa selama seminggu dan 12.000 won pada akhir pekan. Berikut ini beberapa kegiatan terbaik dalam festival ini:

  1. Zona Pijat Lumpur

Baluri tubuhmu dengan lumpur dan pijatlah

Zona pijat lumpur merupakan destinasi untuk kamu yang ingin melepas stress dan memberikan rasa nyaman untuk tubuh. 

Pada zona ini, lumpur dioleskan ke tubuh dan didiamkan selama 10 menit hingga lumpur berubah warna menjadi putih kemudian dibilas. Lumpur yang kaya akan bahan-bahan bermanfaat, akan membuat kulitmu tampak bersih dan bercahaya.

  1. Kolam Lumpur Raksasa

Keseruan bermain dalam kolam lumpur

Layaknya kolam pada umumnya, kolam lumpur ini digunakan untuk mandi dan melakukan berbagai permainan. 

Para pengunjung dapat bersenang-senang di dalam kolam ini. Bagi kamu yang datang ke festival Boryeong, jangan lewatkan keseruan mandi di dalam kolam ini, ya!

Baca juga: Perpaduan Budaya Indonesia dan Korea

  1. Perosotan Lumpur

Perosotan lumpur menambah keseruan liburanmu

Perosotan lumpur ga kalah serunya dengan permainan yang lain. Sebelum kamu menaiki perosotan, baluri tubuhmu dengan lumpur.

  1. Mud Run

Hadapi rintangan lumpur

Mud run merupakan bentuk perlombaan lari dengan beragam rintangan dan menggunakan lumpur. Terdapat 12 rintangan yang harus dilewati. Pada permainan ini juga, kamu akan diuji keterampilan, kecepatan, daya tahanmu.

  1. Konser Musik

Penampilan idol K-Pop menjadi penutup acara

Konser musik biasanya diadakan di puncak acara. Acara ini menjadi acara yang paling banyak dikunjungi. Ada pun idol yang pernah mengisi acara musik ini seperti PSY, Day6, NCT Dream, hingga IU. 

Selain kegiatan tersebut, festival ini juga dimeriahkan oleh kegiatan ski lumpur, gulat dalam lumpur, melukis wajah, hingga kompetisi tari. Ada pun pasar kecil di sepanjang tepi pantai yang menjual beragam kosmetik berbahan dasar lumpur. 

Baca juga: Ternyata Ada Juga Budaya Korea Selatan Yang Mirip Dengan Indonesia

Selain itu, para wisatawan bisa mendapatkan kesempatan untuk merawat kesehatan kulit di klinik kecantikan. Klinik ini juga menawarkan layanan pengobatan serta terapi akupunktur dan pijat. 

Pada malam hari, festival ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti Hip Hop Rave PartyWorld Skin Beauty Pageant, dan Firework Fantasy. Festival ini menjadi festival yang banyak menarik minat para wisatawan termasuk warga negara asing.

Tidak heran jika festival ini menjadi festival terbaik pada tahun di Korea tahun 2006-2008 juga sebagai festival perwakilan kehormatan Republik Korea pada tahun 2011. 

So, SangSang Mates tertarik untuk mengikuti keseruan festival ini tidak? Untuk artikel-artikel menarik lainnya, yuk cek KT&G SangSang Univ. indonesia

Penulis: Siti Syara Asiyah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *