Update

Liburan Udah Deket NIh, Yuk Berwisata Ke Beberapa Candi ini!

2 min read

The New One of The Day

  • Sejarah Candi di Indonesia
  • Rekomendasi Candi di Indonesia

Hai, SangSang Mates!

Candi merupakan peninggalan nenek moyang yang sangat penting, tujuan utama dari berdirinya sebuah candi adalah untuk melakukan peribadatan umat Hindu dan Budha. 

Baca juga: Suka K-POP? 4 Universitas Program Studi Bahasa Korea Ini Cocok Buat Kamu! 

Di Indonesia, mayoritas candi yang ada berada pada pulau jawa, dan setiap candi yang ada selalu memiliki sebuah kisah yang cocok untuk dibahas nih. Berikut beberapa candi yang dapat dikunjungi oleh SangSang Mates ketika masa liburan nanti!

  1. Candi Ratu Boko

Kawasan Candi Ratu Boko

Candi yang masih satu kawasan dengan Candi Prambanan ini terletak pada sebuah bukit di ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut. Jarak antara Candi Ratu Boko dengan Candi Prambanan hanya 3 km dan disediakan pula Shuttle bus untuk menuju Candi Prambanan dengan menggunakan tiket terusan. 

Lokasi Candi Ratu Boko berada di Perbukitan dan terdiri dari berbagai wilayah atau komplek candi

Pada awalnya candi ini dibuat untuk istana bagi ayah dari Roro Jonggrang yaitu Prabu Baka. Diperkirakan situs ini dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh Wangsa Syailendra dan diambil alih oleh kerajaan Mataram Hindu.

Sehingga terdapat peralihan kepemilikan yang menyebabkan terjadinya aliran kepercayaan pada candi ini yaitu oleh agama HIndu dan Budha. 

Baca juga: 5 Tips Menulis Skripsi Supaya Bisa Lulus dengan Happy! 

  1. Candi Singosari

Penampakan candi Singosari

Candi yang terletak di Kabupaten Malang ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Singasari yang menganut kepercayaan Hindu-Buddha. Candi ini ditemukan oleh Nicolaus Engelhard pada tahun 1802, pada saat itu Nicholas menjabat sebagai Gubernur Pantai Timur Laut Jawa. 

Arca pada Candi Singosari

Beberapa arca dari Candi SIngosari ini dibawa menuju Belanda untuk dipamerkan pada raja belanda atau museum Leiden dan sebagiannya dibawa ke kediaman Engelhard di  Semarang sebagai koleksi pribadi. Engelhard adalah satu-satu nya orang eropa yang paham atas perbedaan candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Baca juga: Tips & Trik Memulai Karier Sebagai Freelancer

  1. Candi Borobudur

Candi yang sangat populer di Indonesia

Candi Borobudur merupakan candi yang sangat terkenal di indonesia, candi ini digunakan untuk ziarah dan pemujaan bagi penganut agama Budha. Candi Borobudur yang ditemukan pada tahun 1814 oleh Thomas Stamford Raffles dan berhasil dibersihkan secara keseluruhan pada tahun 1835. 

Komplek candi borobudur sangat luas 

Candi Borobudur dipercaya sebagai bangunan yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan budha. Struktur bangunan ini adalah berbentuk kotak dengan 4  pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. 

Candi Borobudur sempat menjadi perbincangan hangat dimana terdapat tanggapan untuk menaikan harga tiket Candi Borobudur bagi wisatawan asing dan lokal. 

Penulis: Ivan Mahadika Dwi Putra


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *